LAPORAN KEGIATAN PKL DI PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN ( PKL ) DI

 "PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI"


Hasil gambar untuk pt bpm bekasi


Jl.GRAND GALAXY CITY CENTRAL PARK 3 NO.053, RT.002/RW.017, JAKA SETIA, KEC.BEKASI SELATAN KOTA BEKASI, JAWA BARAT. KODE POS 17148



SELASA, 1 OKTOBER 2019

Di hari ini kita mulai berangkat menuju PT Berdikari Prima Mandiri untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan atau yang biasa disebut dengan PKL. Tentunya sebagai siswa/i SMK hal ini wajar untuk melatih dan memberikan kita wawasan tentang dunia industri secara langsung. Kebetulan saya, Alhagi, dan Arief langsung menuju ke PT. Sedangkan si Fauzan dan Muhyi sedang mengikuti ujian susulan, Sesampainya disana kami di sambut oleh Pak Mayel selaku HRD, ya terus kami naik keatas bertemu yang lainnya dan pak asep berbincang - bincang dengan pak Mayel. Selepas itu pak Asep berpamitan kepada kami dan ia pergi, setelah Pak Asep pergi kami berkenalan dengan Pak Mayel satu persatu kemudian dia menjelaskan bagaimana ISP itu bekerja. Mulai dari topologi dasarnya hingga IP Address yang PT ia punyai, disini ternyata saya baru tahu bahwa IP itu dibeli terlebih dahulu di APJII tidak bisa sembarang jeplak.


RABU, 2 OKTOBER 2019

Kali ini kita mendapatkan tugas dari Pak Mayel untuk membuat sebuah mini lab dengan menggunakan 1 Router, 1 Switch, dan 1 Server, dan bagaimana caranya kita harus tersambung dengan internet.


KAMIS, 3 OKTOBER 2019

Pada kali ini kita diminta dari Pak Mayel untuk mempelajari cara kerja dan menginstall VPS Proxmox, pada kali ini kita mendapatkan kesusahan yakni kita tidak bisa mengakses ke website proxmox kita padahal setiap langkah - langkah penting terdapat disana, setelah lama kami mencari jalan keluarnya maka yang kami temukan adalah sepele yakni ketika di bagian username kami hanya menuliskan "pklbpm.net" padahal seharusnya "pve.pklbpm.net". Yak benar hanya salah mengetikkan pve di bagian username dan promox kita tidak bisa diakses melalui web.


JUMAT, 4 OKTOBER 2019

Setelah kami bisa menginstall VPS Proxmox dengan benar maka kami meminta tugas baru lagi kepada Pak Mayel, dan pak mayel menyuruh kita untuk meminjam USB, pada awalnya kami bingung apa yang akan kami lakukan ketika kami bertanya kepada Pak Mayel dia malah ketawa dan tak lama dia bilang "kalian pernah buat boot usb". Oh... Boot USB kirain apa, walaupun saya tahu maksudnya kami tidak tahu bagaimana cara menyiapkannya jadi kami bertanya kepada GOOGLE bagaimana membuat USB Boot, dan caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama  rufus.


SENIN, 7 OKTOBER 2019

Pada kali ini kita mencoba untuk membuat Firewall Rules, Queue List, mengubah Identity Router, dan menambahkan User pada Router.


SELASA, 8 OKTOBER 2019

Kali ini kita mendapatkan sebuah tugas dan permintaan dari Pak Mayel untuk ikut berpartisipasi dalam projeknya di Karawang tepatnya di Gedung Pemda Karawang,  Di hari pertama ini kita menentukan jalur dan penarikan kabel untuk lantai tiga, awalnya kita mau memasang AP, tetapi atas kehendak dan keinginan Clien pemasangannya ditunda dahulu.


RABU, 9 OKTOBER 2019

Hari ini kita akan menentukan route kabel dan penarikan dari lantai tiga disalurkan ke lantai dua dan satu, untuk lantai dua ini medannya lumayan susah karena terhalang oleh tembok, setelah lama mencari jalan keluarnya maka semua sepakat untuk memutar dan menutupnya agar rapih dan tidak keliatan kabelnya. Setelah kabel dapat ditarik kita selanjutnya memasang rak untuk switch.


KAMIS, 10 OKTOBER 2019

Pada hari ini kita akan menarik kabel untuk lantai 1 penarikan kabel kali ini juga susah medannya karena terhadang oleh tembok dan banyaknya besi yang menghalangi. Setelah itu selesai kita memasang rak switch untuk lantai satu di dekat pintu masuk. Pemasangan rak kali ini agak terhambat karena bor tidak kuat untuk menjebol tembok karena ada besi yang menghalangi, jadinya paku yang ditanam bengkok dan tidak sesuai jalur. Setelah sekian lama diketok akhirnya rak switch ini berhasil di pasang.


JUMAT, 11 OKTOBER 2019

Pada hari ini kita dikabarkan oleh Pak Mayel untuk tidak berangkat ke Karawang dulu, Karena sisa projeknya itu mengerjakan Ruangan Staff Bupati/Pejabat dan ruangan ini belum boleh dibuka Sebelum mendapat izin dari orang sana/yang berpihak untuk memberikan Izin, Jadi kita disuruh menetap dulu di PT dan menunggu kabar dari Pak Mayel selaku Pembimbing kita Disana dan di PT.


SENIN, 14 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami tidak ke karawang karena belum dapat panggilan akhirnya kami dikantor NOC-BPM, dan pada hari ini kami masih explore soal switch dan kami membuat Vlan,Hostname,Banner MOTD serta kami pun mereset switch.


SELASA, 15 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami pergi kekantor NOC-BPM, sesampainya dikantor kami pun masih  melakukan explore terhadap switch, karena kami belum juga mendapatkan tugas dari Pak mayel selaku pembimbing kita dikantor ini, akhirnya kami ber-inisiatif untuk mengexplore switch mumpung lagi ada devicenya. Kami pun mengkonfigurasi SSH  dan Telnet pada switch dan akhirnya berhasil, jadi jika ada orang yang ingin masuk ke dalam switch tidak akan bisa karena kami sudah memasang/membuat SSH security untuk keamanan switch.



RABU, 16 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM karena belum mendapatkan tugas dari pembimbing, kami pun masih melanjutkan explore yang kemarin soal switch dan kami mengkonfigurasi switchnya lagi untuk membuat Vlan disetiap PC/Laptop dan akhirnya kami pun berhasil jadi, karena Vlan berfungsi untuk membagi partisi.


KAMIS, 17 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM, kami mendapatkan tugas dari karyawan yang ada dikantor ini untuk mencari tau tentang apa itu NMS dan kami pun mempelajari/mengetahui NMS dan ternyata NMS itu adalah Network Monitoring System yaitu untuk melakukan Monitoring pada elemen dalam jaringan komputer dan NMS berfungsi untuk melakukan pemantauan terhadap kualitas SLA dari bandwith yang digunakan.


JUMAT, 18 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM, kami pun mendapatkan tugas dari salah satu ketua NOC atau yang memegang kantor NOC yang bernama Pak Prih yaitu kami mendapatkan tugas untuk mendownload serta mengupload file ISO ke server proxmox yaitu File iso ubuntu-server,Centos 7, dan Windows server 2012. Kenapa kami upload file ke server proxmox, supaya Pak Prih ini bisa langsung melakukan konfigurasi server melalui server proxmox tersebut.


SENIN, 21 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM, kami pun mendapatkan tugas untuk mempelajari serta memahami apa itu KVM pada proxmox. Dan ternyata KVM itu adalah salah satu yang mengusung server proxmox dan dengan KVM ini kami tidak hanya bisa install linux saja, akan tetapi kami pun bisa menginstall Operating system windows juga.


SELASA, 22 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM, kami masih mendapatkan tugas untuk membuat Vm pada server proxmox. Dan kami pun berhasil membuat Vm Ubuntu-server,Centos 7, dan Windows server 2012. Tidak hanya membuat saja kami pun juga disuruh untuk mengkonfigurasi Web-server.


RABU, 23 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM, kami mendapatkan tugas untuk membuat Cacti dengan server proxmox. Cacti adalah salah satu tool untuk memonitoring jaringan atau memonitoring untuk Client jaringan, kami pun mulai membuat Cacti dengan proxmox Ubuntu-server setelah lama kami mengkonfigurasinya, akhirnya Cacti pun telah jadi dan siap digunakan.


KAMIS, 24 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami mendapatkan panggilan untuk membantu project di Karawang, kami pun berangkat ke Karawang tapi pada hari ini dan seterusnya untuk project Karawang, kami memulai kerjanya dari Jam 09:00 - 19:00. Kami mulai kerja dan kerjaan kami pada hari ini adalah mengcrimping kabel dilantai 1 dan lantai 2 sebanyak 30an kabel.


JUMAT, 25 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang, setelah sampai di karawang kami langsung memulai kerja, kerjaan kami kali ini adalah masih mengcrimping kabel dilantai 2 dan mulai memasang rak switch serta switchnya dilantai 2, dan kami pun mencoba/mentester pada setiap kabel crimpingan yang sudah kami crimping sebelumnya.


SENIN, 28 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang untuk melanjutkan projectnya setelah kemarin kami memasang rak switch dan switch serta mengcrimping kabel dilantai 2. Sekarang kami mengcrimping kabel dan memasang rak switch serta switch dilantai 1 dengan mengcrimping kabel sebanyak 15 kabel.


SELASA, 29 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami tidak berangkat ke Karawang, akhirnya kami berangkat kekantor NOC-BPM dan sesampainya dikantor kami mendapatkan tugas dari Pak Prih untuk mengkonfigurasi Owncloud diserver proxmox. Sebelum kami mengkonfigurasi tentunya kami mempelajari/memahami terlebih dahulu tentang Owncloud dan ternyata Owncloud itu adalah suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu OwnCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way. Owncloud ini merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.


RABU, 30 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM, sesampainya dikantor kami melanjutkan tugas kami yang dari Pak Prih untuk mengkonfigurasi Owncloud, setelah kami pelajari tentang Owncloud kemarin, kami pun mulai konfigurasi Owncloud diUbuntu-server. Dan setelah sekian lama kami mengkonfigurasi akhirnya Owncloud yang kami buat pun telah jadi dan siap digunakan.


KAMIS, 31 OKTOBER 2019

Pada hari ini kami berangkat kekantor NOC-BPM, sesampainya dikantor kami tidak mendapatkan tugas apapun dan akhirnya kami berinisiatif untuk mempelajari/memahami tentang Ubuntu-server lebih dalam lagi dan ternyata Ubuntu-server itu adalah Ubuntu yang didesain untuk di install diserver. Jika anda menggunakan Ubuntu-server artinya anda harus bekerja dengan perintah" dilayar hitam yang sering disebut Konsole.


JUMAT, 1 NOVEMBER 2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang untuk membantu project, setelah cukup lama diperjalanan kami pun sampai dikantor pemda Karawang, sesampainya disana kami ditugaskan untuk memberi label pada kabel crimpingan dilantai 2 yaitu dengan memberinya nama seperti ruang bupati, ruang administrasi dan ruang" lainnya yang tersambung ke jaringan internet.


SENIN, 4 NOVEMBER 2019



SELASA, 5 NOVEMBER 2019



RABU, 6 NOVEMBER 2019



KAMIS, 7 NOVEMBER 2019



JUMAT, 8 NOVEMBER 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KEBUTUHAN TELEKOMUNIKASI DALAM JARINGAN

KONFIGURASI VOIP NETWORK MENGGUNAKAN 2 SERVER