KONFIGURASI MAIL SERVER DENGAN POSTFIX DAN DOVECOT DI DEBIAN 9




Assalamualaikum Wr.Wb


Pada kali ini saya akan membahas tentang Mengkonfigurasi Mail Server dgn Posfix dan Dovecot di Debian 9, sebelum kita menuju ke langkah-langkahnnya, Disini ada bahan-bahan yang dibutuhkan untuk konfigurasi nya, Apa saja yang dibutuhkan, Yukk bisa dilihat.

Bahan/Software yg dibutuhkan:

1. VirtualBox




Setelah sudah tahu apa saja bahannya, selanjutnya kita langsung ke langkah-langkahnya saja.


1. Pertama-tama pastikan anda sudah meng install DNS dgn perintah nano ( nama domain ) kalian, dan tambahkan ekstensi seperti dibawah ini: Jika sudah langsung saja di save dan exit dgn cara Ctrl x > y > Enter.



2. Setelah itu kita tambahkan DNS yg kedua di konfigurasi DNS nya dgn perintah nano ( angka akhir ip ), lalu tambahkan pointer mailnya yaitu 77 IN PTR mail.robby.net, jika sudah kita save dan exit dgn cara Ctrl x > y > Enter.



3. Kita akan restart bind9nya agar konfigurasi yang kita lakukan tadi dapat berjalan dengan perintah /etc/init.d/bind9 restart.



4. Kita akan cek apakah konfigurasi tadi berjalan atau tidak dengan cara melakukan ping terhadap domain mailnya dengan perintah ping mail.robby.net.



5. Jika ping sudah reply kita akan melakukan perintah dig, dengan perintah dig mail.robby.net.



6. Kita akan melakukan scan terhadap tiga cd/dvd iso milik debian, dengan perintah apt-cdrom add > maka kita akan disuruh untuk memasukan cdnya, kalian lakukan perintah tersebut sampai semua cd /dvd terscan.



7. Jika sudah kita akan cek apakah cd berhasil terscan atau tidak dengan perintah cat /etc/apt/sources.list.



8. Untuk melakukan installasi mail server kita akan install dengan menggunakan server postfix dan dovecot dengan perintah apt install dovecot-pop3d dovecot-imapd postfix, jika sudah ketik y jika setuju lalu enter.



9. Kita akan disuruh pilih opsi mana yang akan kita gunakan untuk install mail > pilih opsi "Internet site" > klik ok. Jika sudah klik OK.



10. Kita masuk mail dns yang sudah kita buat tadi mail.robby.net > klik OK.




Pengujian

11. Sebelum melakukan pengujian kita harus membuat dua user berbeda yang akan digunakan untuk pengujian mail servernya, pertama saya akan membuat user dengan nama bala dengan perintah adduser bala > masukan password > y



12. Kita akan membuat user yang kedua yang saya beri nama bule dengan perintah adduser bule > masukan password > y.



13. Jika sudah kita akan restart mail server postfixnya dengan perintah /etc/init.d/postfix restart dan kita akan restart juga mail server dovecot dengan perintah /etc/init.d/dovecot restart. Agar konfigurasi dapat berjalan.



14. Sekarang kita akan melakukan pengujian dengan mengirimkan paket email dari user bala ke user bule dengan perintah telnet mail.robby.net dengan port 25 > ketikan mail from bala > rcpt to:bule >data > tuliskan pesannya di akhiri  > keluar dengan perintah quit.



15. Jika sudah kita melakukan pengiriman email sekarang kita akan cek apakah email yang dikirim dari user bala sampai atau tidak dengan masukan perintah telnet mail.robby.net port 110 > masukan user si penerima yaitu user bule > masukan passwordnya yaitu pass bulejuga > ketikan start > ketikan retr 1 > maka dibawah akan muncul pesan yang dikirim si bala ,berarti pesan sudah sampai.



16. Untuk melihat log dari mail server kalian bisa masukan perintah cat /var/log/mail.log.







Sekian Dari Pembahasan Saya Pada Sesi Ini Dan Sampai Jumpa Di-Tutorial" Berikutnya




TERIMA KASIH



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN PKL DI PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI

KONFIGURASI VOIP NETWORK MENGGUNAKAN 2 SERVER

50 PERINTAH DASAR PADA LINUX DEBIAN