KONFIGURASI CONTROL PANEL AJENTI DI GNS3



Assalamualaikum Wr.Wb


Pada kali ini saya akan membahas tentang Mengkonfigurasi control panel Ajenti di Gns3, sebelum kita menuju ke langkah-langkahnnya, apa sih itu Ajenti? dan software apa saja yang dibutuhkan dalam pembahasan kali ini, Kuyy kita simak.

APA SIH ITU AJENTI?

Ajenti adalah open source tools yang berfungsi sebagai sistem manajemen control panel berbasis web untuk mengelola dan monitoring server berbasis Linux yang berlisensi open source.

Software yang dibutuhkan:

1. Gns3




2. VirtualBox



Sebelumnya pastikan kalian sudah menginstallasikan DNS yahh pada debian 9-nya. Jika sudah kita lanjut ke konfigurasinnya.


KONFIGURASI GNS3


1. Pertama-tama kita buat dahulu topologi seperti dibawah ini menggunakan Gns3.



2. Yang belum mengerti cara memasukkan VMS nya, kita bisa klik edit > preferences > lalu pilih VirtualBox VMS > dan new.



3. Setelah itu kita pilih OS apa yang ingin kita tambahkan, jika sudah klik Finish.



4. Dan klik apply atau OK saja.



5. Selanjutnya kita Drag lalu kita taruh diposisi yang kalian pilih.




KONFIGURASI DEBIAN


6. Disini kita setting ip address interface enp0s3 menggunakan ip static ya dan harus satu network dengan ip yang terhubung ke internet. caranya nano /etc/network/interfaces dulu untuk mensettingnya, jika sudah kita cek ip yang sudah kita buat tadi, dengan perintah cat /etc/network/interfaces.



7. Kemudian, berikan repository seperti dibawah ini: masukan dengan perintah nano /etc/apt/sources.list dan masukkan dipaling bawah, jika sudah kita bisa mengeceknya dengan perintah cat /etc/apt/sources.list.



8. Setelah itu kita tambahkan repository khusus untuk si Ajenti-nya, dengan perintah wget http://repo.ajenti.org/debian/key -O- | apt-key add - .



9. Dan selanjutnya yaitu menambahkan repository kedalam sources.list-nya, dengan perintah echo "deb http://repo.ajenti.org/debian main main debian"| tee -a /etc/apt/sources.list.



10. Jika sudah, sekarang bisa kita update dengan perintah apt-get update.




INSTALLASI AJENTI


11. Pertama kita install dahulu Ajenti-nya, dengan perintah apt install ajenti. dan jangan lupa untuk ketik Y atau yes.




12. Kemudian tunggu sampai selesai, jika sudah nanti akan muncul seperti dibawah ini.



13. Selanjutnya kita ubah access controlnya yang didalam folder transports.py. Caranya kita masuk ke folder tersebut dengan perintah: 
nano /usr/share/pyshared/socketio/transports.py > kita cari 3600 dan kita tambahkan tanda " menjadi "3600". Jika sudah ketikkan Ctrl x > y > enter.




14. Sekarang kita ubah juga pada folder handler.py-nya, Caranya kita masuk ke folder tersebut dengan perintah: nano /usr/share/pyshared/socketio/handler.py > kita cari 3600 dan tambahkan tanda " menjadi "3600". Jika sudah ketikkan Ctrl x > y > enter.




15. Setelah itu kita cek status dari Server Ajenti-nya, dengan perintah service ajenti status.



16. Jika sudah jangan lupa untuk melakukan Restart terhadap ajenti-nya, agar konfigurasi yang sudah dilakukan dapat berjalan, dengan cara /etc/init.d/ajenti restart.




VERIFIKASI-NYA


17. Pertama kita buka browser di client, disini saya menggunakan client windows 10, jika sudah masuk ke browser kita masukan alamat https://192.168.43.187:8000 > klik tingkat lanjut.



18. Dan akan muncul pop up seperti dibawah ini, disini kita klik pada Terima Risikonya.



19. Kemudian akan muncul kotak login ajenti-nya, masukkan username dan password yang sudah di berikan atau default yaitu username:root dan password:admin, lalu Log in.



20. Dan dibawah ini adalah tampilan dashboard dari ajenti ini.



21. Disini kita bisa meng-klik Ac power yang berguna untuk suspend, hibernate, restart, dan power off server.



22. Setelah itu kita juga bisa menambahkan Widget, dengan cara meng-klik Add Widget > Immediate Traffic.



23. Jika sudah kita bisa melihat traffic berdasarkan kegiatan yang kita lakukan di server ajenti ini baik upload maupun download.



24. Selanjutnya kita ke tab configure, disini kita dapat merubah bahasa, memasukan host dan merubah port serta merubah nama user root default. Kalau sudah klik save maka akan muncul pop up untuk melakukan restart agar perubahan dapat diterapkan.



25. Kemudian kita akan coba menambahkan plug in sistem yang akan menampilkan software plug in yang ter-install dan tersedia pada ajenti > disini saya menambahkan plug in Server Nginx dan Samba saja.



26. Dan ini hasil tampilan Output dari Plug in NGINX serta SAMBA.














Sekian Dari Pembahasan Saya Pada Sesi Ini Dan Sampai Jumpa Di-Tutorial" Berikutnya




TERIMA KASIH
 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN PKL DI PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI

ANALISIS KEBUTUHAN TELEKOMUNIKASI DALAM JARINGAN

KONFIGURASI VOIP NETWORK MENGGUNAKAN 2 SERVER