KEBERAGAMAN APLIKASI KOMUNIKASI DATA

"KEBERAGAMAN APLIKASI KOMUNIKASI DATA"


ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Helloo Guyss selamat datang kembali diblog saya, nahh disini saya  akan membahas tentang ragam aplikasi komunikasi data, sebelum itu saya kasih tau kalau komunikasi itu ada 4 macam yaitu:


1. Audio atau suara:


2. Visual atau video
3. Audio visual
4. Komunikasi data


Setelah kalian sudah mengatahui macam" komunikasi, saya akan menjelaskan ke-4 macam itu dimulai dari:

1. Audio atau suara

Komunikasi audio/suara adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui media audio. Komunikasi itu sendiri didefinisikan sebagai "suatu proses seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang menciptakan juga menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Sedangkan media audio itu sendiri adalah media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal (kedalam kata – kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal. jadi komunikasi audio adalah proses seseorang untuk dapat bertukar informasi juga berinteraksi dengan orang dan lingkungannya melalui lambang auditif (audio) baik dalam bentuk komunikasi verbal maupun non verbal.

Dan audio mempunyai perangkat yaitu:

> Audio codec:
                        Untuk melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth.

> Audio  controller:
                             Untuk melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.

>  Mikropon & Speaker:
                                     Merupakan perangkat input/output dalam sistem audio Sedangkan komunikasi audio adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.

 Contoh audio/suara: 

>
                          



Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut dan menghasilkan suara.



Tape recorder adalah sistem yang memanfaatkan fenomena elektromagnetik untuk merekam dan mereproduksi gelombang suara.

>

Telepon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan).


2. Visual atau video

(komunikasi melalui penglihatan) adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan. Komunikasi visual menkombinasikan senilambangtipografigambardesain grafisilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya.

Contoh visual yaitu:

>
Cctv adalah meningkatkan produktivitas karyawan, juga memungkinkan Anda untuk memantau kegiatan bisnis sehari-hari.Sistem kamera keamanan pada dasarnya memungkinkan Anda untuk mengawasi properti Anda walaupun anda sedang tidak ditempat. Manfaat CCTV yaitu memberikan perlindungan terhadap kemungkinan ancaman pencurian.


3. Audio visual

 Merujuk kepada penggunaan komponen suara (audio) dan komponen gambar (visual), dibutuhkan beberapa peralatan untuk dapat menyajikan hal ini. Film dan program televisi adalah beberapa contoh dari penyajian audio visual ini.
Presentasi bisnis, sekolah, perkuliahan, atau berbagai macam presentasi lainnya seringkali disampaikan secara audiovisual. Dalam penyampaiannya penyampai presentasi menyampaikan informasi melalui audio dengan berbicara, dan memperjelas informasi dari pembicaraannya tersebut dengan menampilkan berbagai macam gambar yang dimunculkan di dalam layar menggunakan proyektor yang tersambung dengan perangkat komputer pribadi, atau bahkan penyampai presentasi sering menampilkan video (audiovisual) di dalam presentasinya.

Contoh audio visual yaitu:


Tv adalah  sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.


4. Komunikasi data

 Proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat (bahasa Inggris: device) (seperti komputer / laptop / telepon genggam / printer / dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.

Pengertian lain komunikasi data yaitu transmisi data elektronik melalui beberapa media(kabel coaksial, fiber optik, microwave dsb)Sistem yang mungkin terjadinya transmisi data sering disebut sebagai jaringan komunikasi data
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
> Melalui Infrastruktur Terestrial:
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk terestrial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
> Melalui Satelit:
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.


Model KomunikasI Data



Ada 3 tipe untuk mengkomunikasikan data yaitu:


Sinyal digital dan Sinyal analog



Sekian Dari Pembahasan Saya Pada Sesi Ini Dan Sampai Jumpa Di-Tutorial" Berikutnya

                                       TERIMA KASIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN PKL DI PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI

KONFIGURASI VOIP NETWORK MENGGUNAKAN 2 SERVER

50 PERINTAH DASAR PADA LINUX DEBIAN