KONFIGURASI JARINGAN POINT TO POINT DAN POINT TO MULTIPOINT

"KONFIGURASI JARINGAN POINT TO POINT DAN POINT TO MULTI POINT VIA LAN"

Pengertian Mikrotik dan Macam Jenis Mikrotik - Blog DimensiData


ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Hello Guyss selamat datang kembali diBlog saya, Pada sesi kali ini saya akan Mengkonfigurasi jaringan Point To Point dan Point To Multipoint Via Lan, Sebelum ke langkah-langkahnya disini ada alat dan aplikasi yang diperlukan Yaitu sebagai berikut:

- PC/LAPTOP



- ROUTER RB951

- ADAPTER RB951
- KABEL LAN
SOFTWARE YANG DIPERLUKAN:

- WINBOX

APA ITU WINBOX?

WINBOX adalah sebuah software atau utility yang di gunakan untuk meremote sebuah server mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating system windows. Kebanyakan teknisi banyak mengkonfigurasi mikrotik os atau mikrotik routerboard menggunakan winbox di banding dengan yang mengkonfigurasi langsung lewat mode CLI (Command Line Interface). Hal ini karena menggunakan winbok dirasa lebih mudah dan simple dibanding melalui browser. Dan hasilnya pun juga lebih cepat.

FUNGSI WINBOX


1. Setting mikrotik router dalam mode GUI

2. Setting bandwith jaringan internet

3. Memblokir sebuah website/situs

4. Mempercepat pekerjaan

5. Dan masih banyak yang lainnya…



Setelah sudah tahu apa yang harus diperlukan, Selanjutnya langsung saja ke langkah-langkahnya;



- SEBAGAI AP -



1. Pertama-Tama kita buka aplikasi Winboxnya, lalu kita Refresh sampai ketemu MAC addressnya kalau sudah ada MAC addressnya langsung saja kita klik lalu kita Connect.



2. Selanjutnya kita pilih Wireless lalu kita ceklis dan double klik pada tulisan Wlan pilih interface lalu wireless untuk mengganti mode Ke "ap bridge" sebagai pemancar, lalu klik apply dan Ok.


3. Setelah itu kita buat security profiles atau buat password klik + dan kita masukkan password yang kalian mau yang mudah diingat saja,lalu kita apply dan Ok.


4. Selanjutnya kita ke Interface lalu pilih wireless dan mengganti Security profilenya ke "profile 1", karna sebelumnya sudah kita buat Securitynya, yang tadinya Default kita ubah ke "profile 1" lalu apply dan Ok.


5. Setelah di apply dan Ok nanti dia akan ada Tulisan (R) atau running, Sebelumnyan itu dia Gak ada tulisan (R) atau running.



6. Kalau sudah running kita buat Ip addressnya untuk memberikan alamat kepada Wlan dan Router, klik Ip dan pilih address list lalu + dan ketik Ip yang kamu mau.


7. Selanjutnya si Client akan terConnect ke si pemancar ini bisa dilihat di "Wireless Tables" lalu pilih "Registration" disitu si AP bisa ngeping si Client klik ping dan start.


- SEBAGAI STATION BRIDGE -


1. Pertama-Tama kita buka aplikasi winboxnya kalau belum ada MAC addressnya kita Refresh saja sampai ada baru kita klik Connect.



2. Selanjutnya kita pilih Wireless lalu kita ceklis dan double klik pada tulisan Wlan pilih interface lalu wireless untuk mengganti mode Ke "station bridge" dan Security profile sebelumnya itu dia Default, nahh disitu Securitynya adalah profile 1 karna saya masukkan password dari AP bridgenya, lalu kita Scan,apply, dan Ok.




3. Selanjutnya setelah diScan kita Start terlebih dahulu lalu saya akan pilih ke "SSID PTP2930" kita klik dan kita Connect.


4. Setelah diScan dan Connect kita kembali ke interface, nahh disitu ada tulisan (R) atau running.



5. Selanjutnya kalau sudah running kita bisa ngeping dinew Terminal  dengan menggunakan IP rekan saya si APnya itu, ia menggunakan IP 10.10.10.29.





Sekian Dari Pembahasan Saya Pada Sesi Ini Dan Sampai Jumpa Di-Tutorial" Berikutnya




TERIMA KASIH

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN PKL DI PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI

KONFIGURASI VOIP NETWORK MENGGUNAKAN 2 SERVER

50 PERINTAH DASAR PADA LINUX DEBIAN