WIRELESS ACCESS MANAGEMENT

"WIRELESS ACCESS MANAGEMENT"







ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Hello Guyss selamat datang kembali diblog saya lagi, Pada sesi ini saya akan mentutorial Wireless Access Management, Okee sebelum kita ke-Langkah" tentunya ada bahan" yang dibutuhkan atau disiapkan, apa saja yang kita butuhkan atau yg harus disiapkan dalam wireless access management, Yukk kita bahan"nya sebelum ke langkah"nya, Apa saja sihh yang harus disiapkan:


  • PC
  • ROUTER RB-951
  • ADAPTER RB-951
  • KABEL LAN
  • DAN SOFTWARENYA ITU WINBOX

Sudah tahukan apa saja yang dibutuhkan dalam Tutorial wireless access management ini, Selanjutnya langsung saja kita menuju Ke langkah"nya, Gasskeunn !!!



  • TOPOLOGI






  • SEBAGAI CLIENT


1. Pertama" kita buka aplikasi winboxnya terlebih dahulu.




2. Setelah sudah dibuka aplikasinya, jika MAC addressnya tidak terdaftar maka bisa kita klik refresh sampai muncul atau terdaftar MAC addressnya, lalu kita klik pada bagian MAC address yg sudah muncul langsung saja klik connect.



3. Selanjutnya kita buat IP addressnya terlebih dahulu klik IP terus Address lalu tambah.



4. Klik tambah, pertama kita buat IP address untuk PC interfacenya kita ubah ke ether1 karna saya colokan keport 1 lalu apply dan Ok.



5. Setelah membuat IP address untuk PC, selanjutnya kita ke wireless untuk mengaktifkan wlannya dengan mengklik ceklis.



6. Sehabis kita mengaktifkan wlan lalu kita buat IP address untuk router interfacenya kita ubah ke wlan1, apply dan Ok.



7. Setelah itu kita ke wireless terus double klik pada wlan1, lalu akan muncul interface wlan1, karna saya sebagai client kita ubah mode untuk menjadi station, klik scan.



8. Sudah discan lalu kita start lalu kita connectkan kepada si AP dengan SSID MAC 29.30.31.32 klik pada bagian yg saya tujui, lalu klik connect.



9. Selanjutnya setelah sudah mengconnect ke AP kita kembali lagi ke wireless interface wlan1, maka SSIDnya akan berubah menjadi SSIDnya si AP itu, lalu kita ubah radio name, klik apply dan Ok.



10.  Lalu tunggu sampai R atau running.



11. Setelah itu kita klik pada bagian Registration lalu klik router APnya terus kita Copy to connect list dan Ok.



12. Selanjutnya klik pada bagian wifi interface, lalu pada bagian kolom Default Authenticatenya kita unceklis, lalu apply dan Ok.



13. Setelah sudah mengunceklis defaultnya lalu Sekarang kita ping dengan klik New Terminal terus kita Ping IP AP yaitu 10.10.10.29 lalu enter. Maka ping berhasil.



  • SEBAGAI AP

1. Pertama" buka aplikasi winboxnya.



2. Setelah sudah dibuka aplikasinya, jika MAC addressnya tidak terdaftar maka bisa kita klik refresh sampai muncul atau terdaftar MAC addressnya, lalu kita klik pada bagian MAC address yg sudah muncul langsung saja klik connect.



3. Selanjutnya kita buat IP address terlebih dahulu dengan klik IP lalu pilih address lalu tambah, langsung saja buat IP address untuk PC ubah interfacenya ke ether1 lalu klik apply dan OK.




4. Lalu kita tambah lagi untuk membuat IP address untuk router dan interfacenya kita ubah ke wlan 1 lalu apply dan OK.



5. Sehabis itu kita ke wireless lalu kita aktifkan wlan1 nya dengan klik ceklis.



6. Setelah itu kita double klik pada bagian Wlan 1 Lalu akan muncul interface wlan 1, karna saya sekarang sebagai AP maka modenya kita ubah menjadi AP bridge, lalu kita buat SSIDnya dan mengganti radio namenya menjadi router AP, lalu apply dan OK.



7. Selanjutnya kita klik pada bagian Registration lalu kita klik pada MAC address client yang sudah masuk lalu kita Copy to Access List agar dia bisa mengakses.





8. Setelah dicopy to access list selanjutnya kita cek dengan pilih pada bagian Access List setelah diaccess sudah ada MAC address yang sudah terdaftar diaccess list.



9. Lalu kita kembali ke wifi interface lalu double klik pada wlan1 lalu pilih wireless terus pada kolom Default Authenticate nya Itu kita unceklis klik apply dan OK.




10. Selanjutnya jika wireless interfacenya masih running maka langkah anda telah BERHASIL.










Sekian Dari Pembahasan Saya Pada Sesi Ini Dan Sampai Jumpa Di-Tutorial" Berikutnya






TERIMA KASIH

































Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN PKL DI PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI

ANALISIS KEBUTUHAN TELEKOMUNIKASI DALAM JARINGAN

KONFIGURASI VOIP NETWORK MENGGUNAKAN 2 SERVER