PROSES KOMUNIKASI DATA DALAM JARINGAN

"PROSES KOMUNIKASI DATA DALAM JARINGAN"



ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Hello Guyss selamat datang kembali diblog saya, pada sesi ini saya akan membahas tentang proses komunikasi data dalam jaringan, Yukk kita lihat pembahasannya.

- Definisi Jaringan
                                
 Jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).


- Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayahnya:

1. PAN (Personal Area Network)

Jaringan personal (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat lainnya, seperti telepon,handphone/smartphone. jangkauan PAN biasanya hanya beberapa meter saja. media transmisi antarperangkat PAN yang biasa digunakan adalah kabel data,infrared,atau bluetooth.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan Metropolitan (MAN) adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan 2 atau lebih LAN atau CAN bersama-sama dalamn batas kira-kira 1 wilayah kota atau metropolitan. Untuk membangun jarngan MAN biasanya dibutuhkan peralatan tambahan, seperti multiple routers dan switches hubs.

3. LAN (Local Area Network)

Jaringan lokal (LAN) adalah sebuah jaringan komputer yang terbatas pada wilayah yang relative kecil seperti dalam sebuah ruang,sebuah gedung,kapal atau pesawat terbang. LAN kadang" disebut sebagai jaringan 1 lokasi. jika dalam sebuah organisasi terdapat banyak komputer yang berbeda tempat,harus membuat jaringan LAN dengan skala besar. untuk memudahkan pengelolaan.

4. WAN (Wide Area Network)

Jaringan Wide (WAN) adalah sebuah jaringan komunikasi komputer yang menjangkau wilayah geografis yang paling luas seringkali menggunakan fasilitas transmisi seperti jaringan telepon,wireless, bahkan satelit.


- Berdasarkan Fungsinya Jaringan Komputer Terbagi Menjadi:

1. Jaringan Client Server


Jenis jaringan komputer ini didalamnya terdapat Komputer yang bertindak sebagai Server, Selain itu Sistem keamanan dalam jaringan komputer juga lebih terjamin dan adanya proses Back Up yang baik karena Terpusat pada Server yang mampu mengamankan seluruh data yang digunakan dalam suatu jaringan tersebut. Keunggulan jenis jaringan ini Yaitu adanya akses yang cepat dalam menyediakan berbagai fasilitas dalam jaringan karena pengelolaannya dilakukan secara Khusus oleh komputer yang bertindak sebagai Server.


2. Jaringan Peer To Peer


Jenis jaringan ini, setiap komputer yang telah terhubung pada jaringan tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer lainnya tanpa adanya suatu perantara. Setiap komputer yang terhubung juga dapat berbagi beberapa fasilitas seperti Printer,Hard Disk,Dan Drive. Selain itu, apabila terdapat komputer yang mati atau mengalami kerusakan, maka jaringan keseluruhan tidak akan rusak atau terganggu.


- Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data, Terbagi Menjadi:

1. Jaringan Terpusat


Jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal atau istilahnya yaitu terminal bisu, dimana terminal ini tidak memiliki alat pemrosesan data.


2. Jaringan Terdistribusi

Hasil gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client dapat saling terhubung dan membentuk suatu sistem jaringan.


- Berdasarkan Media Transmisi Data, Terbagi Menjadi:

1. Jaringan Kabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)


Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya.

- Kategori Jaringan Komunikasi Berdasarkan Arsitektur Dan Teknik Yang Digunakan    Dalam Transfer Data, Terbagi Menjadi: 

1. Switched Networks

Circuit switched networks, Packet-switched networks.  


2. Broadcast Networks

Kumpulan stasiun radio atau Tv yang menyiarkan program dari sumber yang sama. Stasiun lokal menandatangani perjanjian untuk menjadi afiliasi dari suatu jaringan, yang memberikan stasiun pemrograman populer dan memungkinkan jaringan untuk memperluas jangkauannya diseluruh negeri.


- Perangkat Keras Yang Dibutuhkan Dalam Membangun Sebuah Jaringan Komputer, Yaitu:

> Routers
Perangkat yang menghubungkan beberapa LAN. 

> Bridges
Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan jaringan untuk kedalam dua buah jaringan, ini digunakan mendapatkan jaringan yang efisien.

> Repeaters
 piranti yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal atau isyarat yang melewatinya.

> NIC (Network Interface Card)
Kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair.

> Workstations
Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation.

> File Servers
Sebuah file server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat.

> Concentrators Atau HUB
Sebuah perangkat yang menyatukan kabel" network dari tiap" workstation, server atau perangkat lain.


- Proses Untuk Tersambung Pelayanan Internet Menggunakan ISP

Untuk tersambung Kita harus menggunakan Media yang umum digunakan yaitu melalui saluran telepon Atau dikenal sebagai PPP, (Point To Point Protocol) Pengguna memanfaatkan komputer yang dilengkapi dengan modem untuk melakukan dialup ke server milik ISP. Setelah tersambung ke server ISP, Komputer si pengguna sudah siap digunakan untuk mengakses jaringan internet. 




Sekian Dari Pembahasan Saya Pada Sesi Ini Dan Sampai Jumpa Di-Tutorial" Berikutnya




TERIMA KASIH

























Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN PKL DI PT BERDIKARI PRIMA MANDIRI

KONFIGURASI VOIP NETWORK MENGGUNAKAN 2 SERVER

50 PERINTAH DASAR PADA LINUX DEBIAN